KAJIAN PRA-IKONOGRAFI FOTOGRAFI LEVITASI

STUDI KARYA NATSUMI HAYASHI DALAM SETTING DI STASIUN KERETA API

  • Chandra Djoko Zuki Universitas Pelita Harapan
Keywords: Natsumi Hayashi, Fotografi Levitasi, Pra-ikonografi, Komposisi

Abstract

Fotografi Levitasi adalah sebuah pendekatan visual fotografi kontemporer yang didasari oleh teknik fotografi tradisional, dimana visual foto memperlihatkan obyek yang seolah-olah sedang melayang di udara. Kajian terhadap aspek forma dalam fotografi levitasi dapat menjadi sebuah pengetahuan baru terhadap fenomena karya seni masa kini, yang mana dapat dilihat dalam fotografi levitasi karya Natsumi Hayashi, seorang seniman dan fotografer asal Jepang.

Sebagai jembatan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan teori Ikonografi oleh Erwin Panofsky dan secara khusus akan menggunakan metode Pra-ikonografi. Melalui pendekatan teori ini dapat diketahui dengan detail dan terstruktur dari obyek gambar yang terlihat oleh indra terutama mata, seperti elemen visual fotografi meliputi aspek garis, bidang, bentuk, warna, serta prinsip-prinsip visual yang dikemas dalam beberapa pendekatan komposisi. Ini jenis yang sangat dasar untuk analisis formal. Pada akhirnya, dapat diketahui bagaimana estetika formal dari fotografi levitasi Jepang melalui analisa teknik fotografi, komposisi ruang, dan gestur melayang dari subyek.

References

[1] Anne H. Soukhanov, dkk.The American Heritage Dictionary of English Language. (2000), Houghton Mifflin Company, Hal. 4167.
[2] Merriam-Webster’s Dictionary & Thesaurus. (2006). Merriam Webster Inc.
[3] Art Institut of Chicago. Internet: www.artic.edu, 25 Januari 2013.
Published
2020-05-02
How to Cite
Zuki, C. (2020). KAJIAN PRA-IKONOGRAFI FOTOGRAFI LEVITASI. Jurnal Da Moda, 1(2), 1-12. https://doi.org/10.35886/damoda.v1i2.69