PEMANFAATAN BARANG BEKAS MELALUI SOSIALISASI DAN WORKSHOP KREATIVITAS DI PANTI ASUHAN YAYASAN RUMAH IMPIAN KOTA DENPASAR

  • Kadek Risna Puspita Giri Sekolah Tinggi Desain Bali
  • Ni Wayan Ardiarani Utami Sekolah Tinggi Desain Bali
Keywords: barang bekas, kreativitas, ide, workshop

Abstract

Banyak yang tidak menyadari bahwa barang-barang bekas bisa dimanfaatkan menjadi hal yang lebih berguna daripada terbuang begitu saja mencmari lingkungan. Seperti halnya bakat kreatif yang sering terabaikan oleh setiap individu di dalam dirinya. Hal tersebut seringkali terhalang oleh beberapa faktor seperti kurangnya kepekaan mengenali diri sendiri, kurangnya dukungan dari orang-orang sekitar, serta kurangnya kesempatan dalam mengasah bakat yang ada. Padahal jika ditelusuri lebih dalam, kesempatan tidak selalu berupa pembelajaran khusus. Melainkan melalui kegiatan sehari-hari seperti saat bermain, mencoba sesuatu yang baru, bahkan memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar sehingga timbul pengalaman yang akhirnya menghasilkan ide-ide kreatif yang cemerlang. Oleh sebab itu melalui kegiatan sosialisasi dan workshop Pengabdian Pada Masyarakat program studi Desain Interior Sekolah Tinggi Desain Bali yang dilakukan di Panti Asuhan Yayasan Rumah Impian kota Denpasar pada tanggal 23 September 2019, diharapkan mampu mendorong dan memaksimalkan bakat-bakat kreatif yang terpendam. Kegiatan yang dilakukan yaitu memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar, melalui beberapa tahapan untuk merangsang kreativitas diantaranya dengan menulis hal-hal sederhana terkait dengan ide pokok, menuangkannya dalam bentuk desain, mengenali sifat dan bentuk dasar benda tersebut, memanfaatkan benda tersebut dalam menyalurkan ide kreatif. Ide dapat berupa hal sederhana yang muncul spontanitas maupun menggali dari kenangan masa lalu. Metode yang digunakan adalah metode workshop dan presentasi. Hasil yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah pemahaman bahwa bakat kreatif bisa diasah melalui kepekaan terhadap hal-hal di sekitar.

References

Sari, Nesa Novita. 2013. Pemanfaatan Barang Bekas untuk Media Pembelajaran. Artikel online. http://nesanovitasari.blogspot.com/2013/03/pemanfaatan-barang-bekas.html. Diakses 19 Desember 2019.
Nur Arifah, dkk. 2015. Pengembangan kreativitas dan Keterbakatan Teori-teori Kreativitas. Artikel online. http://teresamariaane10.blogspot.com/2015/04/teori-teori-mengenai-kreativitas.html. Diakses 20 Desember 2019.
Mely. 2012. Teori-teori Kreativitas. Artikel online. http://melyloelhabox.blogspot.com/2012/10/teori-teori-kreativitas.html. Diakses20 Desember 2019.
Yuniar, Tanti. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Agung Media Aulia.
Published
2019-12-22
How to Cite
Giri, K. R. P., & Utami, N. W. A. (2019). PEMANFAATAN BARANG BEKAS MELALUI SOSIALISASI DAN WORKSHOP KREATIVITAS DI PANTI ASUHAN YAYASAN RUMAH IMPIAN KOTA DENPASAR. Jurnal Lentera Widya, 1(1), 8-14. https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v1i1.60