KARAKTERISTIK DESAIN FAÇADE KIOS-KIOS KOPI (COFFEE STALLS) KEKINIAN DI KOTA DENPASAR

  • Freddy Hendrawan
Keywords: Denpasar, façade, karakteristik, kekinian, kios kopi

Abstract

Artikel ini mengeksplor elemen-elemen pembentuk façade kios-kios kopi kekinian di Kota Denpasar. Hal ini terkait dengan munculnya fenomena transformasi coffee shop menjadi coffee stall akibat keterbatasan lahan dan nilai jual atau sewa lahan untuk bisnis yang semakin meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu, bisnis di bidang beverages ini dituntut untuk berinovasi agar mampu bersaing secara sehat. Beberapa kios kopi kekinian di Kota Denpasar dipilih sebagai studi kasus dengan metode kualitatif, dimana teknik observasi lapangan digunakan untuk mendapatkan elemen-elemen pembentuk façade kios kopi. Hasil observasi menunjukkan bahwa secara umum karakteristik desain façade kios kopi di Kota Denpasar mengadopsi konsep low budget dan small simple dalam desain.

References

[1] Badan Pusat Statistik (Setjen Kementerian Perdagangan). (2019). 10 Komoditi Utama dan Potensial. Jakarta: Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

[2] Gumulya, D., & Helmi, I. S. (2017). Kajian Budaya Minum Kopi Indonesia. Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain, 13(2), 153-172.

[3] Saymanlier, A. M., Kurt, S., & Ayiran, N. (2018). The Place Attachment Experience Regarding the Disabled People: The Typology of Coffee Shops. Quality & Quantity, 52(6), 2577-2596.

[4] Herlyana, E. (2014). Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. THAQAFIYYAT: Jurnal Bahasa, Peradaban dan Informasi Islam, 13(1), 187-204.

[5] Setiati, G. (2015). Gender dan Place Attachment pada Coffee Shop di Bandung (Studi Kasus Roemah Kopi). Jurnal Sosioteknologi, 14(3), 298-310.

[6] Aryani, D. I. Tinjauan Sensory Branding dan Psikologi Desain Kedai Kopi Kekinian Terhadap Perilaku Konsumen (Studi Kasus: Mojo Coffee).

[7] Mustofa, A. (2019). Jangan Tata Ruang Menjadi Tata Uang. Jawa Pos - Radar Bali. Retrieved from https://radarbali.jawapos.com/read/2019/07/12/145799/jangan-tata-ruang-menjadi-tata-uang

[8] Kusumawardhani, N. Q. (2019). Kopi Janji Jiwa, Bertahan dengan Racikan Robusta Sumatra. Retrieved from https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/19/06/26/ptois4414-kopi-janji-jiwa-bertahan-dengan-racikan-robusta-sumatra

[9] Maslim. (2018). Gerai Janji Jiwa, Nikmati Kesegaran Minuman Kopi Kekinian. Retrieved from http://www.laraspostonline.com/2018/05/gerai-janji-jiwa-nikmati-kesegaran.html

[10] Dodi. (2019). Tersebar di 75 Titik Se-Indonesia, Pemilik 'Ngopi Coklat' ini Urang Awak. Retrieved from https://www.harianhaluan.com/news/detail/76414/tersebar-di-75-titik-seindonesia-pemilik-ngopi-coklat-ini-urang-awak
Published
2019-10-28
How to Cite
Hendrawan, F. (2019). KARAKTERISTIK DESAIN FAÇADE KIOS-KIOS KOPI (COFFEE STALLS) KEKINIAN DI KOTA DENPASAR. Jurnal Patra, 1(2), 103-108. https://doi.org/10.35886/patra.v1i2.44