DESAIN MURAL DAN KARAKTER HEDONIS – UTILITARIAN DARI KONSUMEN RESTAURANT PADA DAERAH SEMINYAK, KUTA

Studi Kasus : Restaurant Mamasan dan Motel Mexicola

  • Ardina Susanti Sekolah Tinggi Desain Bali
  • Freddy Hendrawan Sekolah Tinggi Desain Bali
Keywords: hedonis, interior, mural, restaurant, utilitarian

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk melakukan kajian tentang pengaruh dari desain elemen dinding yaitu dinding mural pada ruangan terhadap psikologis konsumen khususnya terhadap efek restoratif yang dirasakan konsumen. Penelitian ini akan melihat perbedaan pengalaman restoratif pengguna pada obyek ruangan restaurant yang berbeda-beda, dengan mempertimbangkan pula faktor internal dari pengguna dari segi usia dan karakter hedonis dan utilitarian. Metode penelitian yang dipilih untuk penelitian ini adalah metode penelitian sequential mixed-method. Alur metode ini diawali dengan proses kualitatif dilanjutkan dengan proses kuantitatif, dimana proses kuantitatif merupakan prioritas utama dalam penelitian ini. Penelitian ini akan mengambil lokasi di daerah Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung – Bali. Pertimbangan pemilihan lokasi ini salah satunya karena jumlah restaurant yang berkembang  di daerah ini. Selain dari aspek jumlah, desain fisik dari restaurant yang ada di daerah ini juga lebih variatif. Hasil dari penelitian ini adalah adanya gambaran tentang pengalaman restoratif responden pada obyek yang berbeda, serta pengaruh karakter hedonis-utilitarian responden terhadap pengalaman restoratif tersebut.

 

Kata Kunci: hedonis, interior, mural, restaurant, utilitarian

 

Author Biography

Freddy Hendrawan, Sekolah Tinggi Desain Bali

Dosen Program Studi Desain Interior, Sekolah Tinggi Desain Bali

References

Alcántara-Alcover, E. Artacho-Ramirez, M.A. Martinez-Guillamon, N. Campos-Soriano, N. (2012). Purpose of stay and willingness to stay as dimensions to identify and evaluate hotel experiences. International Journal of Hospitality Management.

Berk, L.E. (2007). Development trough the lifespan (4th edition), chapter 14. Allyn and Bacon: Boston, MA.

Bitner, M.J. (1992). Servicescapes : The impact of physical surroundings on customer and employees. Journal of Marketing Vol. 56

Chang. T. (2010). Bungalows, mansions and shophouses: Encounters in architourism. Department of Geography, National University of Singapore, Singapore. Geoforum Vol 41.

Creswell, J. (2003). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed-Method Approach.Sage Publication : London.

Gu, H. Ryan, C. (2008). Chinese clientele at Chinese hotels—Preferences and satisfaction. International Journal of Hospitality Management Vol. 27

Jones, P. Chen, M.M. (2011). Factors determining hotel selection: Online behaviour by leisure travellers. Tourism and Hospitality research Vol.11.

Kaplan, S. (1995). The Restorative Benefits Of Nature: Toward An Integrative Framework. Journal of Environmental Psychology Vol 16.
Korpela, K. M. Hartig, T. Kaiser, F.G. Fuhrer, U. (2001). Restorative Experience and Self-Regulation in Favorite Place. Environment and Behavior Vol. 33.

Korpela, K M. Hartig, T. (1996). Restorative Qualities of Favorite Places. Journal of Environmental Psychology Vol.16

Lin, I. (2004). Evaluating a servicescape: the effect of cognition and emotion. Hospitality Management Vol. 23.

Naqshbandi, M. Munir, S. (2011). Atmospheric Elements and Personality: Impact on Hotel Lobby Impressions. World Applied Sciences Journal Vol. 15
Ryu, K. Han, H. (2011). New or repeat customers: How does physical environment influence their restaurant experience?. International Journal of Hospitality Management vol 30.

Sanchez-Fernandez, R dan Iniesta-Bonillo, M.A. (2007). The concept of perceived value: a systematic review of the research. Marketing Theory vol 7.

Samirna, I. Syarifah, E.Z. (2017). Pengaruh Nilai Belanja Hedonis dan Utilitarian terhadap Loyalitas Destinasi Wisata dengan Kepuasan Belanja Secara Keseluruhan sebagai Variabel Mediasi pada Destinasi Wisata Kota Sabang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, hlm.154-170

Sari, A.A. Kusuma, H.E. Tedjo, B. (2012). Tempat Favorit Mahasiswa sebagai Sarana Restorative. Jurnal Lingkungan Binaaan Vol. 1 No.1, hlm 1-14.

Strannega°rd, L. Strannega°rd , M. (2012). Works of Arts : Aesthetic Ambition in Design Hotel. Annals of Tourism Research, Vol. 39, No. 4.

Susanti, A. (2015). Dampak Perbedaan Desain Fisik Spasial Hotel terhadap Respon Internal dan Preferensi Dewasa Muda Indonesia. Tesis Magister Arsitektur. Institut Teknologi Bandung : Bandung.

Tanford, S. Raabb, C. Yen-Soon, K. (2012). Determinants of customer loyalty and purchasing behavior for full-service and limited-service hotels. International Journal of Hospitality Management Vol 31.

Wardono, P. Hibino, H. Koyama, S. (2011). Effects of Restaurant Interior Elements on Social Dinning Behavior. Asian Journal of Environment-Behaviour Studies, Volume 2, No. 5.

Verhoeven, J. Van Rompay, T.J.I. Pruyn, Ad.T.H. (2008). The price facade: Symbolic and behavioral price cues in service environments. International Journal of Hospitality Management vol. 28.

1. Sumber dari artikel website :
Mural, The History and The Meaning. http://www.widewalls.ch/what-is-a-mural-the-history-and-meaning/ . Diunduh tanggal 08/06/2017
Published
2019-05-28
How to Cite
Susanti, A., & Hendrawan, F. (2019). DESAIN MURAL DAN KARAKTER HEDONIS – UTILITARIAN DARI KONSUMEN RESTAURANT PADA DAERAH SEMINYAK, KUTA. Jurnal Patra, 1(1), 7-16. https://doi.org/10.35886/patra.v1i1.7